1001 Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Planet - Planet Ini Bisa Ditinggali Jika Bumi Hancur

Diposting oleh On 15.24 with No comments

Selama bertahun-tahun, para astronom telah menjelajahi antariksa untuk menemukan planet mirip Bumi di sistem bintang asing, berikut 8 yang paling mirip Bumi. Selama bertahun-tahun, para astronom telah menjelajahi antariksa untuk menemukan planet mirip Bumi di sistem bintang asing, dengan harapan akan menemukan planet yang dapat menyokong kehidupan.



Penjelajahan ini menghasilkan penemuan ribuan planet asing, dengan sebagian di antaranya ada yang seukuran planet dan memiliki beberapa kemiripan. Lusinan planet serupa bumi berhasil dijaring astronom. Sebagian diselimuti samudera Nitrogen. Sementara yang lain mengorbit terlalu dekat dengan bintang induknya. Tapi beberapa diyakini ramah kehidupan. Inilah daftarnya:

Gliese 667C

Eksoplanet yang berjarak 22 tahun cahaya ini memiliki massa 4,5 kali lipat lebih besar ketimbang Bumi. Ilmuwan sebenarnya tidak begitu yakin Gliese 667C adalah planet batuan. Namun letak orbitnya yang berada di zona hijau membuat planet merah ini masuk dalam daftar eksoplanet paling mirip Bumi. Gliese 667C mengorbit bintang induknya dalam waktu 28 hari.

Gliese 581D

Planet yang memiliki massa tujuh kali lipat lebih besar ketimbang Bumi ini mengorbit sebuah bintang kecil berjarak 20,3 tahun cahaya dari tata surya. Harapan ilmuwan bertumpu pada letak orbitnya yang berada di zona hijau. Gliese 581D diyakini berbatu dan memiliki air di permukaannya.

Kepler 452B

Planet Kepler-452b mengorbit bintang induknya di zona hijau yang bisa menunjang kehidupan dalam konstelasi persis seperti Bumi. Planet ini memiliki massa yang 60% lebih besar dari Bumi. Kepler-452b berlokasi di Rasi Cygnus sejarak 1.400 tahun cahaya dari Tata Surya, umurnya sekitar 6 milyar tahun dan diyakini punya suhu permukaan yang memungkinkan adanya air.

Kepler 186f

Dari semua eksoplanet yang pernah ditemukan oleh Kepler, planet bernomer 186f inilah yang paling menjanjikan. Selain ukurannya serupa Bumi dan memiliki jarak orbit yang relatif aman, Kepler 186f juga diyakini sebagai planet batuan, artinya ia sebagian besar terdiri dari silikat dan besi. Perbedaan terbesar dengan bumi adalah bintang induknya yang jauh lebih redup.

Kepler 22b

Planet yang berjarak 600 tahun cahaya dari bumi ini terletak di zona layak huni. Kepler menemukan benda langit ini cuma tiga hari setelah mulai berfungsi. Ilmuwan memperkirakan, Kepler 22b adalah planet yang permukaannya sepenuhnya ditutupi air, atau juga disebut sebagai planet samudera. Kepler 22b memiliki ukuran 2,4 kali lipat lebih besar ketimbang bumi.

Kepler 62

Dari sekian banyak sistem tata surya asing yang ditemukan teleskop antariksa Kepler. Bintang bernomer 62 adalah yang paling menjanjikan. Planet terluarnya 62e dan 62f mengorbit di zona layak huni. Ilmuwan yakin kedua exoplanet memiliki kandungan air yang tinggi.

Kepler 62f

Serupa dengan Kepler 22b, planet ini juga diduga mengandung jumlah air dalam cukup besar dan mengorbit bintang induknya di zona layak huni. Kepler 62 berada di rasi bintang Lyra dan terletak 1200 tahun cahaya dari bumi. Dibandingkan bumi, Kepler 62f berukuran 1,4 kali lipat lebih besar.

Kepler 62e

Sebelum kemunculan kepler 186f, planet ini dianggap sebagai benda langit yang paling menyerupai bumi. Kepler 62e ditemukan setelah mengukur kecepatan orbitnya. Selain berada di zona layak huni, Kapler 62e juga memiliki ukuran yang nyaris sama dengan bumi. Serupa dengan exoplanet mirip planet bumi yang sudah ditemukan, Kepler 62e menurut ilmuwan juga merupakan planet samudera.

Kepler 69c

Exoplanet yang berukuran 70% lebih besar ketimbang bumi ini berada di rasi bintang Cygnus, sekitar 2700 tahun cahaya dari bumi. Karena ukurannya, Kepler 69 mendapat status bumi super. Awalnya ilmuwan mengatakan planet ini mengitari bintang induknya dari jarak aman. Namun setelah ditelisik lebih lanjut, Kepler 69c mengorbit bintangnya di batas terdalam zona layak huni, menyerupai planet Venus.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »