1001 Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Tahukah Kamu Motor Tertua di Dunia

Diposting oleh On 22.59 with 1 comment

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Siapa yang sudah tahu bagaimana rupa motor tertua di dunia? Motor tertua di dunia mula - mula dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Michaux ex Cie, tahun 1868. Perusahan ini mengembangkan tenaga uap untuk menggerakkan sepeda. 

Penelitian terus berlanjut, yaitu Edward Butler, seorang penemu asal Inggris yang membuat sepeda motor pertama beroda tiga. 

Reitwagen. (Sumber : https://id.wikipedia.org)


Perbaikan dalam design mesin dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach asal Jerman. Mereka berdua mendirikan bengkel di Suttgart pada tahun 1880, kemudian pada tahun 1885 mereka menciptakan Karburator pertama di dunia. Mereka mengembangkan Mesin empat tak menjadi silinder 100 cc dan meletakkannya pada sebuah sepeda kayu. Sepeda kayu bermesin inilah yang disebut sebagai Reitwagen ("riding car") dan menjadi sepeda motor pertama di dunia. 


Harley Davidson Strap Tank. (Sumber : http://www.kejadiananeh.com)
Pada tahun 1890 William S Harley, membuat motor yang cikal bakal menjadi Motor Gede saat ini yaitu Harley Davidson. Produk yang dijual secara massal seri Harley Davidson ini dujual pada tahun 1907 tipe  Strap Tank

Harley Davidson saat itu lebih mirip sepeda roda dua biasa, dengan perpaduan warna abu - abu di seluruh body nya. Tempat duduk yang mengingatkan Kita kepada Sepeda ontel yang kita kenal sekarang. 

Winchester 1910. (Sumber : http://www.kejadiananeh.com)

Motor yang sedikit lebih muda dari pabrikan Harley Davidson adalah Motor keluaran Winchester yang dipasarkan pada tahun 1910.

Motor ini mengusung Mesin Marsh-Metz yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 6 Horse Power, dimana penggerak roda depan dan belakang menggunakan belt drive. Serta menggunakan Tenaga manual atau Kayuh bila kehabisan bahan bakar. 

Nah, bagaimana sudah tahukan beberapa motor antik di dunia. Perkembangan teknologi akan terus berkembang sampai dengan klimaksnya. Namun, kadang kita melupakan bagaimana awal dari sebuah benda yang ada disekitar Kita. 

Itulah sajian dari Seribu Satu Artikel tentang Tahukah Kamu Motor Tertua di Dunia. Semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Lihat Juga : Virus - Virus Paling Mematikan Di Indonesia, Jangan di Anggap Sepele Bisa Berakibat FATAL

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar: