1001 Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Bukan Hanya Jeruk, Buah - Buahan Ini Juga Mengandung Vitamin C yang Tinggi

Diposting oleh On 07.55 with No comments

Pernahkah terlintah di fikiran Kita bahwa tidak hanya jeruk yang memiliki kandungan Vitamin C terbaik. Apakah hanya jeruk impor saja yang baik? Nyatanya, propaganda "jeruk memiliki kandungan vitamin C yang paling baik" merupakan trik bisnis impor.

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki kekayaan yang sangat melimpah terutama buah - buahan yang beraneka ragam. Ibarat Surga, Indonesia bisa tumbuh berbagai jenis buah - buahan yang segar dan enak.



Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan.

Berikut ini buah - buahan yang juga memiliki kandungan Vitamin C yang tidak kalah dengan jeruk.

Jambu Biji (378 mg / 60 gram)

Jambu biji ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin C pada jambu biji lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Jambu biji biasanya terkenal untuk meningkatkan kesehatan terutama jambu biji merah. Namun ternyata ada khasiat lain dari jambu biji ini. Misalnya membantu menurunkan berat badan yang berlebih, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta bisa mencegah timbulnya jerawat pada wajah anda. Untuk menikmatinya, anda bisa membuatnya menjadi jus segar atau dimakan secara langsung. Pastikan buah yang anda pilih sudah matang sehingga memiliki rasa yang manis.

Pepaya (85mg/100 gram)

Pepaya tidak hanya kaya akan vitamin A tetapi buah satu ini juga kaya akan vitamin C. Selain vitamin tersebut, pepaya juga mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil. Selain itu pepaya juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik sekali untuk pencernaan. Jadi, anda disarankan untuk mengkonsumsi pepaya setiap hari agar proses pencernaan pada tubuh anda lancar. Lihat juga artikel mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Nanas (77 mg/100 gram)

Buah nanas adalah buah dengan struktur bentuk yang menarik, rasa manis dan aroma yang sangat harum. Kita bisa menemukan nanas di sepanjang musim karena pertumbuhan buah nanas yang cepat. Nanas menjadi buah yang menyegarkan dan juga mengandung berbagai macam nutrisi.

Mangga (58.2 mg / 100 gram)

Mangga menjadi buah favorit karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Biasanya buah ini banyak dipanen saat musim kemarau. Di Indonesia ada berbagai jenis mangga yang dikenal dan setiap mangga selalu memiliki ciri khas pada bentuk, warna dan rasa. Namun semua mangga memiliki kandungan nutrisi yang sama. Dalam 100 gram buah mangga ditemukan sekitar 3 gram serat, 140 kalori dan 1,2 protein. Mangga terbukti juga memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. berikut ini beberapa manfaat mangga.

Nah, buah apa yang kamu suka? 

Masih ada beberapa buah lagi yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi selain ke empat buat diatas. Namun, ke empat buah itulah yang sering kita jumpai setiap hari baik di pasar tradisional dan modern.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »